MENGAJAR
MATEMATIKA MENURUT STANDAR NCTM
OLEH: Fitrika Yustarina
Apa itu NTCM?
National Council of Teacher of
Mathematics (NCTM) merupakan Dewan Nasional Guru Matematika
(NCTM) didirikan pada 1920. organisasi terbesar di dunia yang peduli terhadap pendidikan
matematika, memiliki hampir 100.000 anggota di seluruh Amerika Serikat dan
Kanada, dan internasional.
NCTM merupakan suara publik
pendidikan matematika, mendukung para guru untuk memastikan matematika adil
belajar dengan kualitas terbaik untuk semua siswa melalui visi, kepemimpinan,
pengembangan profesional, dan penelitian.
Kepemimpinan NCTM
• Awal tahun 1980 : momentum perubahan bidang pendidikan matematika back to
basics (kembali ke dasar)
• Tahun 1989 : menerbitkan Standar
Kurikulum dan Evaluasi Matematika Sekolah (Curriculum and Evaluation Standards
for School Mathematics), era perubahan dalam matematika dimulai
• Tahun 1991 : menerbitkan Standar
Profesional untuk Mengajar Matematika (Professional Standatds for Teaching
Mathematics).
• Tahun 1995: Standar Penilaian Matematika
Sekolah (Assessment Standards for School Mathematics)
• Bulan April 2000 : NCTM mengeluarkan prinsip-prinsip dan standar
matematika sekolah (Principles and standars for School Mathematics).
Enam prinsip dasar untuk mencapai pendidikan matematika
yang berkualitas tinggi:
•
Kesetaraan
•
Kurikulum
•
Pengajaran
•
Pembelajaran
•
Penilaian
•
Teknologi
Lima Standar Isi: Prinsip-prinsip
dan standar NCTM memberikan lima standar isi matematika, diantaranya:
•
Bilangan dan operasinya
•
Aljabar
•
Geometri
•
Pengukuran
•
Analisis data dan Probabilitas
Lima Standar Proses: Prinsip-prinsip
dan standar NCTM memuat lima standar proses matematika, diantaranya:
•
Pemecahan Soal
•
Pemahaman dan Bukti
•
Komunikasi
•
Hubungan
•
Penyajian
Standar Profesional Mengajar Matematika:
Guru harus mengubah pendekatan pengajarannya dari
pengajaran terpusat pada guru menjadi pengajaran terpusat pada peserta didik.
Standar Mengajar:
Standar profesional untuk mengajar matematika memuat
tentang pengajaran, perkembangan pengajaran, perkembangan pengajaran,
pengembangan keprofesionalan, dan pendukung yang diperlukan untuk pengajaran.
Standar Penilaian Matematika:
Dokumen Standar Penilaian tidak berisi petunjuk bagaimana menilai, tetapi berisi pengetahuan
tentang filosofi dan maksud penilaian.
Tujuan penilaian, yaitu:
q Untuk memonitor
kemajuan siswa
q Untuk membantu
menyiapkan pengajaran
q Untuk menilai
prestasi belajar siswa
q Untuk menilai
program
Beberapa Hasil Penelitian tentang
Kemampuan Penguasaan Matematika Siswa Sebagai Implementasi dari
Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Kelas:
• The National Assessment of Educational Progress (NAEP)
• The Third
International Mathematics and Science Study
Indonesia mempunyai Matematika nusantara yang beralamat di http://telegram.me/matematikanusantara
BalasHapus