Rabu, 10 Februari 2016

MENGAJAR MATEMATIKA MENURUT STANDAR NCTM

MENGAJAR MATEMATIKA MENURUT STANDAR NCTM

OLEH: Fitrika Yustarina
Apa itu NTCM?          
National Council of Teacher of Mathematics (NCTM) merupakan Dewan Nasional Guru Matematika (NCTM) didirikan pada 1920. organisasi terbesar di dunia yang peduli terhadap pendidikan matematika, memiliki hampir 100.000 anggota di seluruh Amerika Serikat dan Kanada, dan internasional.
NCTM merupakan suara publik pendidikan matematika, mendukung para guru untuk memastikan matematika adil belajar dengan kualitas terbaik untuk semua siswa melalui visi, kepemimpinan, pengembangan profesional, dan penelitian.

Kepemimpinan NCTM
       Awal tahun 1980 : momentum perubahan bidang pendidikan matematika back to basics (kembali ke dasar)

       Tahun 1989 : menerbitkan Standar Kurikulum dan Evaluasi Matematika Sekolah (Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics), era perubahan dalam matematika dimulai
       Tahun 1991 : menerbitkan Standar Profesional untuk Mengajar Matematika (Professional Standatds for Teaching Mathematics).
       Tahun 1995: Standar Penilaian Matematika Seko­lah (Assessment Standards for School Mathematics)
       Bulan April 2000 : NCTM mengeluarkan prinsip-prinsip dan standar matematika sekolah (Principles and standars for School Mathematics).

Enam prinsip dasar untuk mencapai pendidikan matematika yang berkualitas tinggi:
       Kesetaraan
       Kurikulum
       Pengajaran
       Pembelajaran
       Penilaian
       Teknologi

Lima Standar Isi: Prinsip-prinsip dan standar NCTM memberikan lima standar isi matematika, diantaranya:
       Bilangan dan operasinya
       Aljabar
       Geometri
       Pengukuran
       Analisis data dan Probabilitas

Lima Standar Proses: Prinsip-prinsip dan standar NCTM memuat lima standar proses matematika, diantaranya:
       Pemecahan Soal
       Pemahaman dan Bukti
       Komunikasi
       Hubungan
       Penyajian

Standar Profesional Mengajar Matematika:
Guru harus mengubah pendekatan pengajarannya dari pengajaran terpusat pada guru menjadi pengajaran terpusat pada peserta didik.

Standar Mengajar:
Standar profesional untuk mengajar matematika memuat tentang pengajaran, perkembangan pengajaran, perkembangan pengajaran, pengembangan keprofesionalan, dan pendukung yang diperlukan untuk pengajaran.

Standar Penilaian Matematika:
Dokumen Standar Penilaian tidak berisi pe­tunjuk bagaimana menilai, tetapi berisi pengetahuan tentang filosofi dan maksud penilaian.
Tujuan penilaian, yaitu:
q  Untuk memonitor kemajuan siswa
q  Untuk membantu menyiapkan pengajaran
q  Untuk menilai prestasi belajar siswa
q  Untuk menilai program

Beberapa Hasil Penelitian tentang Kemampuan Penguasaan Matematika Siswa Sebagai Implementasi dari Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Kelas:
       The National Assessment of Educational Progress (NAEP)
       The Third International Mathematics and Science Study




1 komentar:

  1. Indonesia mempunyai Matematika nusantara yang beralamat di http://telegram.me/matematikanusantara

    BalasHapus