PERBEDAAN
RPP KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DENGAN KURIKULUM 2013 (K-13)
No
|
Perbedaan
|
KTSP
|
KURIKULUM 2013
|
1
|
Dari
segi tampilan
|
||
2
|
Dari
segi substansi
|
·
Standar Isi ditentukan terlebih dahulu melaui
Permendiknas No 22 Tahun 2006. Setelah itu ditentukan SKL (Standar Kompetensi
Lulusan) melalui Permendiknas No 23 Tahun 2006
|
·
SKL (Standar Kompetensi Lulusan) ditentukan
terlebih dahulu, melalui Permendikbud No 54 Tahun 2013. Setelah itu baru
ditentukan Standar Isi, yang bebentuk Kerangka Dasar Kurikulum, yang
dituangkan dalam Permendikbud No 67, 68, 69, dan 70 Tahun 2013.
|
·
Mata pelajaran tertentu mendukung kompetensi
tertentu
|
·
Tiap mata pelajaran mendukung semua kompetensi
(Sikap, Keteampilan, Pengetahuan)
|
||
·
Mata pelajaran dirancang berdiri sendiri dan
memiliki kompetensi dasar sendiri
|
·
Mata pelajaran dirancang terkait satu dengan yang
lain dan memiliki kompetensi dasar yang diikat oleh kompetensi inti
tiap kelas
|
||
·
Bahasa Indonesia sejajar dengan mapel lain
·
|
·
Bahasa Indonesia sebagai penghela mapel lain
(sikap dan keterampilan berbahasa)
|
||
3
|
Dari
segi pelaksanaan
|
·
Standar proses dalam pembelajaran terdiri dari
Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi
|
·
Proses pembelajaran setiap tema di jenjang SD dilakukan
dengan pendekatan ilmiah (saintific approach), yaitu standar proses dalam
pembelajaran terdiri dari Mengamati, Menanya, Mengolah, Menyajikan,
Menyimpulkan, dan Mencipta.
|
·
Tiap mata pelajaran diajarkan dengan
pendekatan berbeda
|
·
Semua mata pelajaran diajarkan dengan
pendekatan yang sama (saintifik) melalui mengamati, menanya, mencoba,
menalar…
|
||
4
|
Dari
segi penilaian
|
Penilaiannya lebih dominan pada aspek pengetahuan
|
Standar penilaian menggunakan penilaian otentik, yaitu mengukur semua
kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar